IBRAHIMSCRIPT

Raksa Ibrahim-write to protect the unwritten

HIDUP ADALAH PENJELAJAHAN

leave a comment »


“Dunia tidak sebesar daun kelor!”

Hidup bermula dari penjelajahan. Sejak lama, manusia bergairah untuk menjelajah. Manusia selalu penasaran dan takjub untuk mengetahui lingkungan di luar tempat tinggalnya. Penjelajahan telah membuka cakrawala tentang keberagaman hidup manusia. Terbuka dan bertambahnya cakrawala juga menjadi jembatan antar peradaban untuk saling memahami.

Kita dapat menggunakan kisah-kisah penjelajahan yang tercatat dan sahih sebagai referensi. Kisah-kisah tersebut merupakan pendorong bagi generasi selanjutnya untuk kembali melakukan penjelajahan. Dengan demikian seseorang dapat memulai dan memiliki penjelajahannya sendiri.

Terdapat tiga penjelajah yang catatan perjalanannya dapat dijadikan referensi. Mereka antara lain, Ibnu Battutah, Marco Polo dan Arnold J. Toynbee. Bagi Ibnu Battutah penjelajahan adalah ibadah di satu sisi dan pembelajaran di sisi lain. Marco Polo melihat penjelajahan sebagai kesempatan untuk memperluas jaringan perdagangan. Sementara Toynbee melakukan penjelajahan untuk melihat bangunan-bangunan ternama dari Timur dan Barat agar dapat memahami sejarah budaya bangsa-bangsa. Satu hal yang sama-sama dimiliki ketiganya adalah penghormatan atas keberanian dan pengetahuan yang disebar- luaskan.

Sebagai keturunan pelaut, bangsa Indonesia seakan terlahir untuk menjelajah. Fakta memperlihatkan bangsa Indonesia memiliki sejarah sebagai penjelajah ulung. Sebagai contoh, orang padang selalu terdorong untuk menyeberangi lautan dan membuka usaha di tempat yang dituju. Orang Jawa telah berlayar hingga mencapai Suriname. Bahkan Syekh Yusuf Al-Makasari pemuka agama asal Makasar berhasil berlabuh di Tanjung Harapan dan menyebarkan Islam di ujung selatan Afrika. Sayangnya, catatan perjalanan bangsa Indonesia di masa lalu tidak tersimpan baik.

Masalah klasik dalam memulai penjelajahan adalah dana. Penjelajahan membutuhkan dana yang cukup selain diperlukan juga mental, keberanian dan pengetahuan. Meski demikian, ketersediaan dana menjadi hal utama yang harus dipersiapkan untuk melakukan penjelajahan. Meski demikian masalah ketersedian dana adalah hal yang selalu dapat disiasati.

Bagi orang Indonesia menjelajah adalah panggilan hidup. Setidaknya bagi beberapa orang, mereka yang berkeinginan menjelajahi Mekah untuk berhaji dan berziarah ke Jerusalem. Beberapa ingin menjelajahi tempat-tempat belanja di luar negeri. Adapula mereka yang menjelajah sekaligus sekolah di luar negeri. Apapun alasan dan kemanapun tujuan seseorang, penjelajahan dapat menambah pengetahuan dan membuka pikiran dalam melihat berbagai hal.

Hal yang menarik berkaitan dengan penjelajahan ke luar negeri adalah munculnya empat tipe penjelajah Indonesia. Pertama, tipe penjelajah kaya raya yang memiliki sumber dana yang melimpah. Kedua tipe penjelajah cerdas yang memiliki kepintaran sehingga ia dapat memperoleh bantuan dana baik berupa beasiswa maupun hibah.

Ketiga, tipe penjelajah beruntung yang memiliki keberuntungan luar biasa. Penjelajah tipe ini dapat pergi menjelajah karena memenangi undian berhadiah, lomba menulis dan menggantikan orang yang berhalangan karena berbagai alasan. Keberuntungan tipe ini terletak dari kemampuannya menyadari peluang yang dapat membawanya menuju penjelahan terbaik sepanjang masa.

Tipe keempat adalah penjelajah nekad bin mental baja. Tipe ini memiliki keinginan kuat untuk menjelajah dan bersedia untuk melakukan apa saja untuk mewujudkan. Penjelajah tipe ini mengedepankan filosofi ‘hajar terus pantang mundur’. Keberanian dan kepercayaan tipe keempat sangatlah luar biasa.

Penjelajahan adalah awal dari kehidupan manusia serta diyakini juga sebagai awal baru setelah kematian manusia. Setiap manusia akan memiliki catatan perjalanan penjelajahannya masing-masing. Apapun tipe penjelajah seseorang menjelajah telah keharusan. Terakhir, hidup manusia ibarat air bila tertahan maka akan keruh dan rusak namun akan mengalir jernih bila bergerak. Hidup adalah penjelajahan.

Written by Raksa Ibrahim

Oktober 28, 2009 pada 2:09 pm

Ditulis dalam Uncategorized

Tagged with ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: