IBRAHIMSCRIPT

Raksa Ibrahim-write to protect the unwritten

Bangkitnya Sebuah Inspirasi

with 6 comments



Dunia yang kita tinggali terbentuk atas berbagai ide. Ide-ide dari beragam macam budaya, latar belakang, ruang dan waktu yang mengatur dan mengarahkan kegiatan masyarakat di masa kini. Ide-ide ini pula yang menimbulkan masalah-masalah baru saat ini, mulai dari kelaparan, kemiskinan, polusi, perlombaan senjata hingga krisis keuangan global saat ini. Dikarenakan itu, saya meyakini dalam dua puluh tahun ke depan (dan seterusnya) akan terjadi kompetisi antar ide, suatu kompetisi yang mengarah pada inovasi dan penemuan-penemuan terobosan untuk mengatasi tantangan saat ini dan di masa mendatang. Ide merupakan salah satu elemen penting yang mewarnai peradaban manusia

Booklet Tinggal dan Studi di Belanda 2009/2010

Booklet Tinggal dan Studi di Belanda 2009/2010

Lalu dari manakah ide itu berasal? Tulisan singkat ini akan membahas elemen pembangkit ide, yaitu inspirasi. Inspirasi dari sebuah negeri kecil di Eropa, Belanda yang mencoba membangkitkan sebuah ide dengan menyediakan berbagai inspirasi untuk mengatasi tantangan global dan menjadikan hidup ini lebih menyenangkan bagi seluruh masyarakat global. Studi di Belanda bukan hanya sebuah tiket tetapi lebih merupakan suatu pembangkit inspirasi menuju kehidupan masyarakat global yang lebih baik.

Cicero pernah mengatakan, “no man was ever great without divine inspiration,” kejayaan seseorang tidak akan pernah hadir tanpa inspirasi. Perkataan Cicero masih sesuai hingga saat ini maka tidaklah berlebihan jika di sampul depan buku informasi Tinggal dan Studi di Belanda 2009/2010 dari Nuffic menuliskan most people come for the tulips, you come for the inspiration. Studi di Belanda membangkitkan sebuah inspirasi bagi masyarakat di seluruh dunia termasuk yang berada di Indonesia.

Studi di Belanda menghadirkan sumber inspirasi yang sangat beragam, mulai dari resep mengatasi kelaparan, metode pembelajaran, makanan, sepeda, lingkungan asri, arsitektur kota hingga tontonan sepak bola yang sangat menghibur. Hal-hal tersebut dapat menjadi inspirasi sekaligus pengalaman berharga bagi siapa yang saja yang mendapat kesempatan untuk tinggal dan studi di Belanda.

Kincir angin dan kambing di Belanda

Kincir angin dan kambing di Belanda

Usaha untuk mencari dan datang demi suatu inspirasi di Belanda adalah cukup mudah. Keinginan masyarakat global untuk mendapatkan inspirasi dengan tinggal dan belajar di Belanda diiringi dengan respon yang baik dari pemerintah Belanda. Respon ini hadir dalam bentuk berbagai kemudahan.

Pertama mengenai bahasa, Bahasa Inggris digunakan dalam proses belajar mengajar di sana. Hal ini mempermudah seseorang untuk mengikuti pelajaran dan berinteraksi dengan warga Belanda yang mayoritas dapat berbahasa Inggris. Kedua, adanya jaminan hukum dan aturan yang jelas bagi pelajar asing yang belajar di Belanda. Kejelasan ini termanifes dalam kode etik yang berisikan jaminan dari pendidikan tinggi di Belanda mengenai prosedur penerimaan dan kualitas program studi bila kita belajar di sana. Ketiga, hadirnya Nuffic dan Neso yang menjadi lembaga multi-tasking, memudahkan siapa saja yang berminat untuk tinggal dan belajar di Belanda dengan informasi serta arahan yang disediakan dengan bebas.

Tempat parkir sepeda Amsterdam Centre

Tempat parkir sepeda Amsterdam Centre

Inspirasi untuk mendapatkan ide-ide yang segar dan inovatif perlu untuk dibangkitkan. Usaha untuk mendapatkan ide memerlukan inspirasi-inspirasi yang dapat menggairahkan kembali pemikiran-pemikiran manusia untuk menjawab tantangan saat ini dengan solusi yang sederhana dan komprehensif. Solusi yang dapat dilakukan bersama-sama oleh seluruh masyarakat global sehingga semua ikut ambil bagian, dan tidak ada yang terpinggirkan untuk mengatasi tantangan saat ini.

Studi di Belanda dapat menjadi tiket untuk mendapatkan sebuah inspirasi menuju ide-ide baru bagi masyarakat global. Ide-ide yang dapat menjadikan kehidupan lebih dapat dinikmati, penuh toleransi dan ramah pada lingkungan. Ide yang inspirasional di mulai dari sekolah yang menghubungkan ide atau pengetahuan dari beragam individu. Ide adalah penghubung antar manusia yang mewarnai peradaban demi peradaban yang pernah muncul di Bumi. Studi di Belanda dapat menjadi sumber pembangkit inspirasi sekaligus tiket menuju komunitas global.

Written by Raksa Ibrahim

April 17, 2009 pada 12:49 pm

Ditulis dalam Uncategorized

Tagged with , ,

6 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Artikel yang memberi inspirasi.. Kira-kira Belanda bisa jadi inspirasi buat nulis gak ya? *lagi keranjingan nulis.. hehehe

    BanditKesiangan

    April 21, 2009 at 1:19 am

    • Kayanya pasti bisa deh Belanda jadi inspirasi…
      Salam kenal yak&terus menulis.

      makasih uda komen
      cheers

      nuibra

      April 21, 2009 at 3:27 am

      • mantap, mantap sa…

        daripada Belanda, tulisan lo lebih inspiratif deh😀

        adiwena

        April 27, 2009 at 4:18 pm

      • hahaha….
        masa sih Wir? gimana udah sembuh nih?
        Kapan2x adain acara dong di kampus.
        thnks!!!

        nuibra

        April 28, 2009 at 12:03 pm

      • skripsi oi…
        gw udah sembuh sa. Tapi masih di rumah. Untuk alasan yang sema dengan dua kata pertama komentar gw.

        Kayaknya gw karma dulu ngajak2 lo lulus bareng gw😀

        adiwena

        April 29, 2009 at 6:48 pm

    • saya kira dengan kemultikulturalannya Belanda, sangat banyak hal yang dapat dijadikan inspirasi untuk menulis, tidak hanya hal-hal ilmiahnya tapi juga sosial budayanya.

      Usup Supriyadi

      April 8, 2010 at 6:43 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: