IBRAHIMSCRIPT

Raksa Ibrahim-write to protect the unwritten

Melihat Studi di Belanda Melalui PBL

leave a comment »


Saya meyakini bahwa untuk mempelajari sesuatu kita harus dapat menikmati dan menjadikannya menyenangkan. Hal yang menarik mengenai studi di Belanda adalah metode yang digunakannya. Universiteit Maastricht adalah salah satu universitas di Belanda yang memiliki dan mengembangkan metode menarik dalam pengajarannya. Metode yang digunakan di universitas ini adalah Problem-Based Learning (PBL).  Dalam kesempatan ini, saya berupaya melihat potensi yang dimiliki dari universitas-universitas di Belanda, jika kita hendak belajar di sana dalam menemukan solusi dalam mengatasi isu-isu global seperti  kelaparan global  lewat metode PBL.

Peta Lokasi Universiteit Maastricht

Peta Lokasi Universiteit Maastricht

Apa sih PBL itu? PBL adalah metode pengajaran/pembelajaran yang mendorong dan mempersiapkan mahasiswa untuk dapat menjawab masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari. Metode ini menstimulus mahasiswa untuk menemukan kemungkinan-kemungkinan solusi terbaik atas masalah-masalah yang dihadapi saat ini. Mahasiswa dalam sebuah kelompok kecil diberikan kebebasan untuk saling menuangkan ide-idenya dalam membahas permasalahan yang diajukan. Dalam melaksanakan metode ini masing-masing kelompok didampingi oleh seorang tutor.

Lalu, bagaimana PBL dilakukan? Terdapat tiga proses yang dilalui kelompok mahasiswa dalam melaksanakan metode ini. Proses pertama adalah identifikasi FAKTA dari sebuah masalah; kedua menuangkan dan mengekspresikan GAGASAN untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi; ketiga adalah menemukan seperangkat KEBUTUHAN pembelajaran yang diperlukan untuk mengatasi masalah. Setelah melewati tiga proses ini secara berkelompok mahasiswa akan mengelaborasi temuan-temuannya lebih lanjut.

Proses-proses dalam metode ini bertujuan untuk mendidik mahasiswa agar dapat secara mandiri dan dalam kelompok mengatasi berbagai masalah. Melalui metode ini mahasiswa dibekali kemampuan untuk berpartisipasi menangani masalah yang dihadapi masyarakat global melalui kemampuan untuk menemukan gagasan baru dan menerapkan gagasan terbaiknya secara tepat. Metode ini juga dikembangkan dan diterapkan secara berbeda di setiap fakultas. Di Universiteit Maastricht metode ini terus dikembangkan untuk menjawab perkembangan jaman.

Metode PBL dapat berkontribusi untuk mengatasi masalah kelaparan global. Kontribusi yang dibutuhkan dengan segera untuk meminimalisir ancaman kelaparan bagi masyarakat miskin di seluruh dunia. Metode PBL juga dapat dilihat sebagai salah satu kunci dalam mengatasi berbagai masalah global terutama dalam mempersiapkan akademisi dan praktisi yang mampu menjawab tantangan jaman. Akademisi dan praktisi yang menjadi bagian dari masyarakat global. Masyarakat yang menyadari peran serta tanggung jawabnya untuk memanfaatkan kemampuan yang didapatnya dari metode PBL.

Willem  Den Eerste

Willem Den Eerste

Metode PBL yang dikembangkan di Belanda khususnya di Universiteit Maastricht dapat menjadi kerangka penggodokkan resep-resep untuk mengatasi masalah kelaparan global. Resep yang diperoleh dari perenungan mendalam dari berbagai ide dan beragam individu dari berbagai tempat di seluruh dunia. Metode PBL yang menjadi ciri khas universitas di Belanda memiliki potensi untuk menjawab tantangan yang dihadapi masyarakat global saat ini. Potensi yang dapat menerangi dan membuka gerbang bagi masyarakat global untuk hidup dalam harmoni. Studi di Belanda dapat menjadi tiket bagi individu-individu untuk mewujudkan dan menjadi bagian dari masyarakat global yang hidup dengan kehormatan.

Written by Raksa Ibrahim

Maret 26, 2009 pada 12:28 pm

Ditulis dalam Uncategorized

Tagged with , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: