IBRAHIMSCRIPT

Raksa Ibrahim-write to protect the unwritten

Manga Naruto dan Raksa Ibrahim: A Lover’s Discourse

with 7 comments


naruto-cover1Semenjak diperkenalkan dengan komik Jepang berjudul Naruto tiga setengah tahun yang lalu. Saya terus mengikuti perkembangan cerita komik ini. Naruto melalui imaji dan narasi di dalamnya telah membius pikiran saya. Saya selalu menantikan kehadiran bab terbaru dari Manga Naruto di Internet setiap minggunya. Saat ini saya telah mengumpulkan lebih dari 120 bab dan memiliki scanlation yang cukup lengkap dari awal hinga yang terbaru. Kegiatan membaca komik terutama Naruto telah menjadi candu dan rutin dilakukan setiap minggu selama saya kuliah di Bandung.

Naruto telah menjadi candu yang membuat diri ini bersama dengan ribuan orang lainnya ketagihan dan penasaran. Jika tidak percaya coba lihat jumlah pengunjung setiap bulannya pada beberapa situs mengenai Naruto. Ketagihan akan Naruto memberikan kenikmatan dan kebahagian yang luar biasa saat membacanya. Mengapa Naruto yang hanyalah sebuah komik memiliki kemampuan yang sedahsyat itu?

Naruto bukan sembarang komik tetapi sebuah teks yang memiliki nyawa dan kemampuan retoris yang mengagumkan. Sebagai sebuah teks, Naruto juga merupakan wacana yang menjadi bagian dari proses interaktif pemaknaan dalam kehidupan sehari-hari. Naruto merupakan pertautan imaji dan narasi yang menghubungkan manusia (seperti saya) dengan dunia imajiner dan realitas yang telah dikontsruksikan seperti saat ini. Realitas yang menunjukan bahwa individu dan sekelompok masyarakat selalu mendambakan perdamaiaan. Perdamaian yang dalam proses pencapaiannnya membutuhkan banyak pengorbanan. Naruto perlahan tapi pasti menunjukan/menceritakan usaha mencapai perdamaian yang melewati peperangan dan pertarungan antar kelompok masyarakat. Pertarungan/peperangan menjadi bagian yang tidak terelakan dalam proses perdamaian.

Pertarungan/peperangan menjadi bagian yang hampir selalu menghiasi panel ilustrasi dalam Naruto. Inilah wacana yang menjembatani realitas dan imajinasi sekaligus berkuasa menentukan arah interaksi antar kelompok masyarakat. Wacana yang menekankan pada usaha mencapai perdamaian antar kelompok masyarakat yang selalu berkonflik. Wacana ini akhirnya menjadi dominan dan berakar menjadi hal yang alamiah.Wacana adalah kekuasaan yang mengarahkan dan menentukan pengetahuan mengenai berbagai hal di dalam masyarakat. Kekuasaan dari wacana inilah yang membuat saya sedemikian terbius dan ketagihan oleh Naruto. Ketagihan yang saya alami terhadap Naruto diakibatkan kekuatan wacana.

Wacana ideologis di dalam Naruto adalah kenyataan yang saya nikmati. Seberapapun kerasnya saya berusaha menyangkal dan melarikan diri dari wacana dibalik Naruto maka semakin kuatlah wacana tersebut dan menyebar kepada organisme primata lainnya. Naruto telah menjadi wacana pemuas gairah dan pemicu imajinasi yang cukup memuaskan. Pada akhirnya tidak ada yang mengalahkan kepuasan dalam berplesir di dunia fana ini.

*Ditulis untuk selalu mengenang para pembimbing, kawan-kawan, Naruto, studi hubungan internasional dan usaha keras menyelesaikan proyek ambisius:

Mitos Realisme/Neorealisme Hubungan Internasional Dalam Manga Naruto: Suatu Analisis Semiotika.

Written by Raksa Ibrahim

Maret 18, 2009 pada 8:29 am

Ditulis dalam Uncategorized

7 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Wah aku kok paham soal Naruto ini, dulu sempet suka nonton saat masih bareng dengan kawan2 di SMA, namun sekarang itu terjadi sama dengan saat aku suka dengan Doraemon…

    Ya malah curhat yaw he he he he..

    Mmm…salam hangat Bocahbancar…..

    bocahbancar

    Maret 19, 2009 at 10:15 pm

  2. Hola bocah bancar,
    gapapa curhat bisa ditampung di sini. hehehehe…..
    Komik kadang2x bisa jadi bacaan di saat kesepian (loh ko curhat juga).

    salam super

    nuibra

    Maret 20, 2009 at 1:15 pm

  3. proyek ambisius yg bs mngantarkan kmu k surganya para pncinta komik, alhamdulillah..

    rie_yangku

    Maret 26, 2009 at 12:43 pm

  4. hihihiii…
    proyek yg sangat penuh “perjuangan”,
    akhirnya :p

    Dewi

    Maret 28, 2009 at 4:45 pm

  5. tolong kirim komik naruto 45 ke rumah ku

    naruto

    September 15, 2009 at 6:11 am

  6. ha ha ha

    naruto

    September 15, 2009 at 6:12 am

  7. komik naruto versi kali ni sungguh menghebohkan parafans naruto!

    zaki

    Juni 25, 2010 at 8:58 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: